Peserta didik SMK Plus Sabilur Rosyad melaksanakan puncak tema pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) berupa membersihkan tempat-tempat ibadah (Musholla) di sekitar sekolah. Siswa-siswi yang terlibat dalam kegiatan ini  adalah kelas sepuluh  SMK Plus Sabilur Rosyad. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23-25 Februari 2025. Bpk Eko Kusnadi S.Pd bertindak sebagai koordinator lapangan dari kegiatan ini memberikan arahan pada siswa mengenai prosedur dan tata cara perijinan. Hal ini penting dilakukan agar siswa tidak serta merta mengeksekusi kegiatan. Terlebih lagi dengan adanya perijnan, pihak Musholla dapat mempersiapkan diri menghadapi kegiatan tersebut.

Tim kegiatan berangkat serentak dari SMK Plus Sabilur Rosyad pada pukul 08.00 wib. Setelah tiba di lokasi tim langsung bekerja membersihkan lingkungan musholla dengan mengikuti arahan dari petugas marbot  setempat serta dari guru pendamping. Agenda yang mereka kerjalan seperti menyapu dan mengepel lantai, membersihkan karpet, membersihkan jendela dan sampai membersihkan tempat wudhu dan toilet masjid. Beberapa alat-alat kebersihan sudah dibawa oleh siswa-siswi dari sekolah seperti cairan pembersih lantai dan cairan pembersih kamar mandi. Adapun musholla yang dituju adalah Musholla Baitul Iman Karanggayam, Musholla Al Hikmah, dan Mushollah Izzurrohman. Setelah pekerjaan membersihkan musholla dinyatakan selesai oleh pengurus musholla setempat maka Tim kebersihan ini  kembali ke sekolah SMK Plus Sabilur Rosyad. Melalui kegiatan ini siswa memperoleh pengalaman langsung dalam merawat dan menjaga musholla sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Sehingga semoga dapat tertanam rasa kecintaan terhadap kebersihan musholla. Bagi sekolah juga dapat memperoleh manfaat untuk mempererat silaturahmi antara sekolah dengan lingkungan sekitar dimana sebagian besar siswa-siswi SMK Plus Sabilur Rosyad itu berasal dari daerah tersebut.

Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *